Program Studi (Prodi) Diploma III Manajemen Agribisnis (MAB), Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (FP USK) melaksanakan workshop Kewirausahaan dengan tema “Bangkitkan Semangat, Tumbuhkan Enterpreneur Muda”. Dalam kegiatan ini juga sekaligus dilangsungkan penandatanganan MoU Kerjasama antara Prodi Manajemen Agribisnis dengan PT. Tibers Agrosejahtera dan Kupi Khop.
Workshop ini dihadiri oleh sekitar 100 mahasiswa dari Prodi D3 Manajemen Agribisnis. Ir. Edi Marsudi, M.Si selaku ketua penyelenggara kegiatan ini dan Dosen Pembimbing Teaching Factory dan Teaching Industri menyatakan bahwa workshop ini diselenggarakan sebagai salah satu pembelajaran dari teaching factory, dan salah satu tujuan MoA ini adalah bertujuan untuk penempatan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan juga sebagai lahan praktek magang mahasiswa D3 MAB. Selain itu Edi menambahkan bahwa dalam praktek KKP dan magang, para mahasiswa juga menggalang kemitraan produk yang dibuat oleh mahasiswa dengan perusahaan. Misalnya dengan kopi khop ada beragam produk yang dihasilkan mahasiswa, antara lain;1) produk yang memiliki nilai jual strategis dan 2) memungkinkan adanya bantuan permodalan untuk start up bisnis mahasiswa, dimana nantinya mahasiswa dan alumni dapat menghasilkan satu produk yang dapat dihasilkan secara bersama – sama.
Mujiburrahmad, SP,M.Si selaku koordinator Program Diploma Tiga Manajemen Agribisnis menyatakan bahwa kegiatan serupa ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa Diploma Tiga MAB dimana mereka akan termotivasi untuk dapat menjadi seorang enterpreuner yang baik dan kedepannya dapat membuka lahan pekerjaan baru. Antusias mahasiswa juga terlihat dari pertanyaan yang muncul dari mahasiswa yang ditujuan ke pemateri.
Adapun pemateri dalam workshop ini ialah Rendy Rizki Tiba Pratama selaku owner kupi khop dan Direktur PT. Tibers Agro Sejahtera H.T.Adian Makmur Rizqullah,SP . Bertindak sebagai moderator dalam diskusi ini adalah Litna Nurjanah Ginting, SP, M.Si yang juga Dosen di Prodi S1 Agribisnis dan Diploma Tiga Manajemen Agribisnis. Rendy, narasumber pertama dalam acara ini menyampaikan bahwa salah satu strategi pengembangan usaha ialah membangun awareness yang kuat, dimana branding merupakan hal yang sangat penting dilakukan meskipun skala usahanya masih kecil. Melakukan branding yang kuat di awal usaha bisa dilakukan dengan menggunakan media sosial seperti instagram atau Facebook. Branding yang dilakukan oleh media sosial dianggap cukup efektif untuk strategi pengembangan bisnis ukm yang cenderung masih berskala kecil.
Prof. Dr. Ir, Samadi, M.Sc Dekan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala dalam kata – kata sambutan Beliau menyatakan bahwa kegiatan ini sangat positif dalam upaya mendukung pencapaian kinerja kampus, khususnya dalam capaian pendidikan dan pembelajaran, serta membuka wawasan berpikir mahasiswa agar dapat membangun start up bisnis kedepannya.
Adian Makmur Narasumber dalam acara ini menyatakan bahwa, “kegiatan ini sangat bermanfaat dimana mahasiswa – mahasiswa ini kedepannya tak perlu memikirkan kemana akan mencari kerja, dapat langsung bekerja di perusahaan kami. Harapan saya kedepannya alumni – alumni D3 Manajemen Agribisnis dapat menjadi pengusaha muda”.