Rektor Universitas Syiah Kuala Safari Ramadhan 1445 Hijriah ke Fakultas Pertanian

fpusk 20220413 01

Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof. Dr. Ir. Marwan dan jajarannya melaksanakan kunjungan ke Fakultas Pertanian (FP) dalam rangka Silaturahmi dan Safari Ramadhan Tahun 1445 Hijriah pada Hari Senin, tanggal 25 Maret 2024 di Ruang Serba Guna/Multi Purpose Room (MPR) Fakultas Pertanian USK. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka kegiatan safari Ramadhan 1445 H yang bertujuan untuk memperkokoh ukhuwah di lingkungan kampus jantong hate rakyat Aceh. Kunjungan Rektor USK tersebut disambut langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian USK, Prof. Ir. Sugianto, M.Sc,. Ph.D didampingi para Wakil Dekan dan sivitas akademika di lingkungan Fakultas Pertanian USK. Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Ketua Senat Universitas, Ketua Senat Fakultas, Ketua LPPM dan Direktur di lingkungan Universitas Syiah Kuala.

Dekan Fakultas Pertanian Prof. Ir. Sugianto, M.Sc,. Ph.D bertindak langsung sebagai moderator pada acara tersebut. Dalam sambutannya, Prof. Ir. Sugianto, M.Sc,. Ph.D menyatakan terima kasih atas kunjungan Rektor ke Fakultas Pertanian. Prof. Ir. Sugianto juga sangat mengapresiasi kegiatan ini dan harapannya kegiatan ini rutin dilakukan dan menjadi budaya serta menjadi wadah bagi civitas akademika Fakultas Pertanian untuk menyampaikan aspirasi kepada pimpinan Universitas.

Dalam kegiatan safari ramadhan ini Rektor USK menyampaikan beberapa informasi terkait perubahan kurikulum berbasis OBE di lingkungan Universitas Syiah Kuala dan perlu adanya kontrol dari BELMAWA serta akan ada aplikasi khusus yang nantinya akan digunakan untuk perubahan kurikulum.  Dalam diskusi yang dipandu oleh Dekan FP tersebut, Rektor menyampaikan bahwa minat mahasiswa Fakultas Pertanian USK pada kegiatan MBKM masih sedikit, hanya 125 orang mahasiswa yang terlibat dari sekitar 3000 mahasiswa aktif sehingga persentasenya masih rendah.
fpusk 20220413 01

Prof Marwan mengapresiasi angka persentase kelulusan Fakultas Pertanian dan menghimbau agar Fakultas Pertanian terus bekerja dan meningkatkan kembali angka kelulusan tepat waktu menjadi 50%. Menurut Prof. Marwan, tantangan PTN BH juga mengharuskan kita mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas dengan target 80%. Terutama berkaitan dengan mutu penyelenggaraan pendidikan yang harus menghasilkan lulusan tepat waktu, waktu tunggu untuk bekerja minimal 6 bulan, dan berwirausaha minimal 1 tahun. Selanjutnya Prof Marwan menyampaikan hal yang baik yaitu “Kedepan Universitas diberi kewenangan penuh untuk menilai jabatan fungsional  yang selama ini jabatan LK dan GB dinilai oleh kewenangan pusat, akan dijalin kerjasama dengan BRIN untuk S3 by research dan pada tahun 2024 akan dianggarkan 8 M untuk revitalisasi bangunan di lingkungan Fakultas Pertanian demi meningkatkan daya saing global dan meningkatkan akreditasi internasional”, pungkasnya.

Kegiatan Safari Ramadhan 1445 H ini selain diisi dengan diskusi dan temu ramah juga turut pula diisi dengan sosialisasi Rumah Amal USK yang menampung dan menyalurkan zakat, infaq dan sadaqah dari seluruh sivitas akademika Universitas Syiah Kuala.

fpusk 20220413 01

 


Galery Foto