Featured

Workshop Simulasi Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN pada Fakultas Pertanian sebagai Bagian dari Rangkaian Program Hibah Akreditasi International USK menuju World Class University

fpusk 20220413 01

Dalam rangka mempersiapkan visitasi akreditasi  Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN), lima  program studi yang berada pada Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (FP USK) yang terdiri atas Program Studi Teknik Pertanian, Teknologi Hasil Pertanian, Ilmu Tanah, Agribisnis, dan Peternakan mengikuti rangkaian simulasi  visitasi Akreditasi Internasional ASIIN. Simulasi Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN dilaksanakan selama 2 hari, yaitu 24-25 April 2024.  Kegiatan yang diselenggarakan dengan sumber dana World Class University USK Program EQUITY ini dilakukan bertujuan untuk mempersiapkan seluruh civitas akademika terkait dalam menghadapi kegiatan Visitasi Akreditasi ASIIN nantinya.

fpusk 20220413 01

Kegiatan ini secara langsung dibuka oleh Wakil Rektor USK Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si, IPU. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa saat ini beberapa program studi pada Universitas Syiah Kuala sudah memiliki Akreditasi Internasional, diantaranya beberapa program studi pada Fakultas Teknik yang telah terakreditasi Internasional IABEE, Program studi pada Fakultas Kedokteran, Fakultas Keperawatan, dan Fakultas Kedokteran Hewan yang telah memiliki sertifikat Akreditasi Internasional ASIIN. Harapannya Fakultas Pertanian juga mendapatkan sertifikat Akreditasi Internasional ASIIN tahun ini.

fpusk 20220413 01

Kegiatan Simulasi Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN ini dihadiri oleh Prof. Ir. Sugianto, M.Sc., P.hD selaku Dekan Fakultas Pertanian dan jajarannya. Prof. Dr. Ir. Hairul Basri, M.Sc selaku Wakil Dekan Akademik, Dr. Elvira Iskandar, SP., M.Sc selaku Wakil Dekan Sumber Daya dan Keuangan, Dr. rer. hort. Indera Sakti Nasution, S.TP., M.Sc selaku Wakil Dekan Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan.  Dr. Dewi Yunita, S.TP., M.Res. IPM selaku Ketua SJMF, perwakilan LPM dan LPPM, Direktur Direktorat, Ketua UPT di Lingkungan Universitas Syiah Kuala, para Ketua Departemen, Dr. Muhammad Idkham, S.TP., M.Si selaku Ketua Departemen Teknik Pertanian, Dr. Melly Novita, S.TP., M.Sc selaku Sekretaris Departemen Teknologi Hasil Pertanian, Dr. Ir. Fikrinda, M.Si selaku Ketua Departemen Ilmu Tanah, Dr. Irfan Zikri, S.P., MA selaku Ketua Departemen Agribisnis, dan Dr. Zuraida Hanum, S.Pt., M.Si selaku Ketua Departemen Peternakan. Kegiatan tersebut juga melibatkan perwakilan dosen, kepala laboratorium, laboran, mahasiswa, alumni, dan stakeholder dari masing-masing departemen.

fpusk 20220413 01

Pembicara utama dalam Simulasi Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN menghadirkan Prof. Dr. Ir. Musthofa Lutfi, M.P., IPM dan drg. Kartika Andari Wulan, Sp.Pros. Kedua pembicara hingga saat ini memiliki pengalaman dan terlibat dalam kegiatan ASIIN pada Universitas Brawijaya. Dr. Yusmanizar, ST., M.P, selaku Ketua Panitia kegiatan juga  menyampaikan bahwa kelima program studi terkait merupakan satu cluster yang diusulkan untuk mendapatkan Akreditasi Internasional ASIIN. Berbagai Persiapan yang dilaksanakan oleh masing-masing prodi  hingga saat ini diharapkan memperoleh hasil yang maksimal sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan FP USK bertaraf Internasional.

fpusk 20220413 01

fpusk 20220413 01fpusk 20220413 01

 

Pada hari kedua, kunjungan ke beberapa laboratorium dari kelima program studi yang akan melaksanakan Akreditasi ASIIN. Ketua Laboratorium dan laboran menyambut baik kunjugan ini. Laboratorium yang dikunjungi terdiri atas Laboratorium Penelitian Tanah dan Tanaman (Ka. Lab Prof. Dr. Ir. Sufardi, M.S), Laboratorium Kewirausahaan/ Teaching Factory (Ka. Lab Dr. T. Saiful Bahri, S.P., M.P), Laboratorium Teknik Tanah dan Air (Ka. Lab Prof. Devianti, S.TP., M.P), Laboratorium Perbengkelan Pertanian (Ka. Lab Dr. Ramayanty Bulan, S.TP, M.Si) Laboratorium Analisis Pangan dan Hasil Pertanian (Ka. Lab Prof. Dr. Ir. Eti Indarti, M.Sc.), Laboratorium Pengembangan Produk dan Pilot Plant (Ka. Lab Dr. Cut Erika, S.TP., M.Sc.), Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (Ka. Lab Dr. Ir. Sitti Wajizah, M.Si), Laboratorium Statistik dan Sosial (Ka. Lab Dr. Zakiah, S.P., M.Si)

fpusk 20220413 01fpusk 20220413 01

fpusk 20220413 01

fpusk 20220413 01

fpusk 20220413 01

fpusk 20220413 01

fpusk 20220413 01

fpusk 20220413 01

Setelah kunjungan, sesi interview dilanjutkan terhadap perwakilan mahasiswa dan alumni, perwakilan stakeholders, serta perwakilan kepala laboratorium dan laboran. Pada setiap sesi, peserta workshop diberikan arahan tentang cara menghadapi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh asesor pada saat Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN dilaksanakan.

Pada akhir kegiatan Prof. Ir. Sugianto, M.Sc., P.hD menyampaikan  akan  memberikan dukungan penuh dan mengawal setiap proses Akreditasi Internasional ASIIN secara maksimal. beliau juga memberi arahan agar semua civitas akademika baik dosen, kepala Laboratorium, laboran, mahasiswa, alumni dan stakeholder saling bersinergi untuk mendukung Akreditasi Internasional ASIIN pada Fakultas Pertanian, USK.

fpusk 20220413 01

fpusk 20220413 01

fpusk 20220413 01

fpusk 20220413 01

fpusk 20220413 01

 

 


 Galery Foto