Fakultas Pertanian USK Gelar Wisuda Lokal, Lepas 167 Lulusan

fpusk 20231019 01

Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (FP USK) menggelar kegiatan Wisuda Lokal untuk melepas 167 lulusan periode November 2023 - Januari 2024 di gedung Serba Guna Multi Purpose Room (MPR) FP USK, pada hari Rabu, 21 Februari 2024. 

Menurut Wakil Dekan Akademik FP USK, Prof. Dr. Yuliani Aisyah, S.TP., M.Si jumlah lulusan yang besok akan diwisuda oleh Rektor terdiri dari 10 lulusan magister/pascasarjana, 137 lulusan sarjana, dan 20 lulusan ahli madya. Untuk lulusan pascasarjana 60% dinyatakan lulus cumlaude atau dengan predikat pujian, 30% lulus dengan predikat sangat memuaskan, dan 10% lulus dengan predikat memuaskan. Lulusan sarjana, 10,95% diantaranya dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude atau pujian, 73,72% lulus sangat memuaskan dan 15,33% lulus memuaskan. Sedangkan lulusan diploma, 50% lulus dengan sangat memuaskan dan 50% lulus memuaskan.

Dekan Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, Prof. Ir. Sugianto, M.Sc, Ph.D dalam sambutannya menyebutkan bahwa momen wisuda merupakan awal untuk proses dalam menata masa depan di dunia nyata. Kami berharap ilmu yang diperoleh dapat terus dikembangkan dan diimplementasikan, baik sebagai tenaga kerja profesional maupun melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Menurut Prof. Sugianto, sektor pertanian menyumbang 13,28% PDB di Indonesia. Artinya sektor ini masih berperan sangat besar dalam pembangunan ekonomi kita. Disamping itu pentingnya terus meningkat transformasi industri pertanian menuju digitalisasi yang memungkinkan peningkatan efesiensi dan produksi serta akses informasi pasar yang cepat ke petani. Oleh sebab itu kami berharap para lulusan dapat menyahuti tantangan ini dengan baik. Kami berpesan mari tingkatkan peran para lulusan dalam peningkatan sektor pertanian.

Turut hadir dalam prosesi wisuda lokal, Ketua Senat Akademik Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Hasanuddin, MS, Sekretaris Ikatan Alumni Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, Azzanuddin Kurnia, SP., MP, Perwakilan orang tua mahasiswa cumlaude, dan Seluruh Ketua Program Studi dan Koordinator di Lingkungan FP USK.

fpusk 20231019 01

Menurut Prof. Sugianto, Indonesia masih berada nomor dua dari bawah jika dilihat dari jumlah entrepreneur di ASEAN. Malah kita masih di bawah Vietnam. Peringkat teratas terdiri dari Singapura, Malaysia dan Thailand. Oleh sebab itu kita mendorong para alumnus untuk bergerak di sektor enterpreneur khususnya di sektor pertanian. Dan sektor pertanian merupakan salah satu penyumbang PDB terbesar di Indonesia, ungkap Prof. Sugianto.

Hadir sebagai narasumber, Presiden Direktur PT. HPS, Heriansyah, SP, yang juga merupakan Head of Officer Triputra Agro Persada. TBK. Selain mengungkapkan pengalaman hidup semenjak kuliah hingga pencapaian yang diperolehnya hari ini, Heriansyah juga memotivasi calon wisudawan dengan pengalaman kerja secara teknis di dunia kerja. Heriansyah juga mengungkap rencana pihaknya untuk menjalin kerjasama dengan Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala. “Insya Allah ke depan pihak kita dapat merekrut para calon wisudawan ini sebagai tenaga kerja profesional”, ujar Heri.

Kegiatan workshop ini dipandu oleh moderator, Dr. Monalisa, SP., M.Si, dosen program studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala.

fpusk 20231019 01

fpusk 20231019 01

fpusk 20231019 01