FP USK Gelar Pembekalan Calon Alumni Periode Agustus - Oktober 2023

fpusk 20231019 01

Plt. Wakil Dekan Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan (WD 3) Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (FP USK), Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc berharap alumninya mampu menjadi daya gerak kemajuan di tengah-tengah masyarakat. Dr. Yasar meminta para calon lulusan FP USK mampu mengaktualisasikan perannya yang berdaya guna dan berdaya saing bagi kemajuan sektor pertanian. “Kuasai rantai produksi dan pemasaran dari hulu ke hilir, jadikan profesi petani sebagai pekerjaan yang bergengsi“, ujarnya.

Hal tersebut disampaikan Dr. Yasar yang juga Ketua MPW Pemuda ICMI Aceh tersebut saat membuka acara Workshop Pembekalan Calon Sarjana dan Ahli Madya Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala Periode Agustus-Oktober 2023, di pelataran Gedung Ormawa FP USK, 1/11/2023. Menurut Dr. Yasar, selama ini profesi tani selalu dipandang sebelah mata oleh semua pihak. Termasuk dari sudut pandang politik. “Lihat saja jelang pesta demokrasi kita sekarang ini, isu kesejahteraan petani menjadi salah satu isu yang paling seksi untuk dijual”, ungkap Dr. Yasar. Dr. Yasar berharap ditangan para alumni FP USK ke depan mampu merubah paradigma yang melemahkan nilai tawar sektor pertanian tersebut menjadi lebih baik, sehingga petani tidak lagi menjadi objek dalam politik. Karena menurutnya selama petani masih menjadi objek politik maka selama itulah petani tidak akan maju dan sejahtera.

Hadir sebagai narasumber pembekalan tersebut Alumnus Program Studi Agroteknologi FP USK, Azwir, SP, seorang pengusaha sukses di bidang pertanian khususnya sub sektor peternakan, Owner Syamilk Aqiqah. Kegiatan yang bertujuan untuk membakar semangat para calon lulusan tersebut dipandu oleh Dosen Program Studi Peternakan FP USK, Dr. Allayli, S.Pt., M.Si yang juga merupakan dosen pengusaha, Owner Mutiara Cinta

fpusk 20231019 01