Fakultas Pertanian USK Melaksanakan Kegiatan PADI MP

fpusk 20231019 01

Universitas Syiah Kuala atau yang kini disebut dengan USK memiliki program UP3AI (Unit Pengembangan Program Pendamping Mata Kuliah Agama Islam) yang mana diterapkan pada seluruh fakultas yang terdapat di USK. UP3AI adalah lembaga akademik resmi di Universitas Syiah Kuala yang bertugas menyelenggarakan MKPK (Mata Kuliah Pembinaan Karakter) yaitu program pendamping mata kuliah agama Islam yang dilakukan selama 2 semester dan wajib diikuti oleh semua mahasiswa USK dan sebagai prasyarat untuk dapat mengambil mata kuliah.

Fakultas Pertanian (FP) USK menjadi salah satu fakultas yang memiliki dan menerapkan program UP3AI Universitas, yang dijalankan oleh UP3AI FP USK melalui kegiatan berupa PADI-MP "Penerapan Dasar-dasar Islam Mahasiswa Pertanian" yang diadakan pada tanggal 26 November 2023 di Masjid Jamik Kopelma Darussalam. Adapun  tema yang diangkat adalah bagaimana menghadirkan karakter muslim/muslimah ideal dalam diri mahasiswa/i Fakultas Pertanian USK yang bertujuan untuk membentuk karakter Mahasiswa/i berakhlakul karimah yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

fpusk 20231019 01

Kegiatan PADI-MP dihadiri oleh Dekan Fakultas Pertanian USK Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc sekaligus membuka acara pada kegiatan PADI MP, Wakil Dekan Akademik Fakultas Pertanian USK Prof. Dr. Yuliani Aisyah, S. TP, M.Si, Direktur UP3AI FP USK Dr. Nur Pramayudi, SP., MSi, Ketua Program Studi FP USK, para-pemateri yaitu Ust. Wahyu Rismawan dengan materi Syahadatain, Dr. Jalaludin, S.T, M.A dengan materi Syumuliyyatul Islam dan dr. Ramlan Zuhair Pulungan, CPS, CH, CHt, CI, CT, NNLP dengan materi Pemuda dan Perubahan serta mahasiswa/mahasiswi peserta MKPK 1 FP USK yang berjumlah 596 orang. Pada kegiatan ini diadakan juga kegiatan kemanusiaan berupa penggalangan dana untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina. Alhamdulillah jumlah dana yang terkumpul sebesar Rp 3.653.000.

Selama berlangsungnya kegiatan PADI MP mahasiswa/i sangat bersemangat dan penuh keceriaan. Selain mendapatkan materi (ilmu), para mahasiswa juga mendapatkan hadiah berupa door price yang telah disiapkan oleh panitia. Diakhir acara, para mahasiswa membuat kesimpulan dari materi yang telah disampaikan. Semoga kegiatan ini bisa terus dilaksanakan di setiap semesternya.